Workshop 5R untuk Stempert yang lebih Baik . . . . .

Dalam rangka meningkatkan kinerja personal dalam hal lingkungan serta meningkatkan implementasi ISO 14001:2004, maka manajemen SMKN 2 Subang bekerjasama dengan PT East West Seed Indonesia untuk mengadakan workshop implementasi 5R yang mengambil tempat di Ruang Serbaguna SMKN 2 Subang. Pelaksanaan diikuti oleh 50 orang yang merupakan perwakilan dari setiap unit kerja pada tanggal 9 Januari 2012.

5 R merupakan suatu budaya kerja yang dikembangkan oleh jepang yaitu; Seiri, Seton, Seiso, Sheiketsu, Shitsuke (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).

Penerapan 5R harus dilakukan secara sistematis karena pada intinya 5R bukanlah suatu standar tetapi lebih ke arah pembentukan budaya seluruh karyawan di dalam suatu perusahaan.

5R memang tidak dapat dibolak-balik karena itu sudah menjadi suatu urutan logis yang harus dijalankan. Dimana hal pertama yang harus dilakukan adalah ringkas bagaimana membuat area kerja menjadi ringkas dengan hanya menempatkan barang-barang yang diperlukan saja. Setelah ringkas baru dirapikan dan dibersihkan. Tahap selanjutnya baru melakukan perawatan dan pemerliharaan. Satu hal yang penting yang harus diperhatikan adalah jangan berharap akan terjadi bersih kalau belum ringkas. Demikian juga seterusnya. Sehingga pada intinya 5R harus diterapkan step by step mulai dari R1, setelah cukup baik baru ke R2 dan seterusnya.

Pembentukan budaya 5R bukanlah suatu yang instan, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi budaya. Dalam 5R tentu tidak ada yang sempurna, semua harus berpikir menjadi lebih baik menjadi lebih baik dan terus akan menjadi lebih baik.

Dalam tahap pertama dalam implementasi 5R :

(1)   Ringkas:

–    Membuang barang yang tidak diperlukan. Disini barang dikelompokan menjadi 4 (barang rusak/ dibuang, stok mati/dibuang,stok tidur/dipindahkan ke tempat penyimpanan lain & bahan sisa)

(2)   Rapi:

–    Membenahi tempat penyimpanan

–    Mengatur tata letak peralatan kerja

(3)   Resik:

–    Mengatur prosedur kebersihan harian, termasuk penanggung jawabnya.

(4)   Rawat:

–    Mempertahankan dan menindaklanjuti dr ketiga langkah diatas.

–    Pemeriksaan ke lapangan

(5)   Rajin:

–    Pengendalian visual tempat kerja

–    Menerima kritik & saran atas pelaksanaan 3 hal diatas

–    Pemasangan slogan2

–    Menuju terciptanya suatu KEBIASAAN yang rajin, yg pada akhirnya akan mjd BUDAYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: