Save Our Earth . . . . .

1.Hijaukan Bumi Kita
Cari lokasi yang perlu ditanami pohon dan tanamlah pohon di sana baik sendirian maupun bersama-sama. Lokasi bisa di rumah, sekolah, kantor, atau taman. Bila tidak menemukan lokasi, cobalah cara lain seperti membagikan bibit tanaman atau membuat kompos (lihat tips membuat kompos di halaman tips website ini).
2.Hemat kertas
Gunakan kertas kedua sisinya seperti print kertas bolak balik atau menulis di kertas yang baru terpakai satu sisi. Untuk di kantor, gunakan papan tulis untuk menggantikan kertas plano. Gunakan juga kertas bekas sebagai pembungkus atau untuk di daur ulang.
3.Hemat energi
Kurangi pemakaian listrik di rumah atau di sekolah atau di kantor. Caranya? Lihat tips hemat listrik di halaman TIPS website ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan unutk hemat energi.
4.Hemat air
Tidak membiarkan keran air menetes, menggunakan shower / selang air ketika mandi daripada bak air, mencuci lantai dari air bekas cucian baju, dsb, lihat di halaman tips website ini.
5.Kurangi sampah non organic
Ganti kemasan pembungkus makanan Anda dari sterofoam menjadi kertas atau daun pisang. Bawa tas dari kain ketika belanja ke supermarket untuk menggantikan kantong plastik pembungkus yang bisa menambah sampah plastik.
6.Daur ulang / pakai lagi
Gunakan kembali kantong plastik, gelas, botol atau wadah plastik untuk wadah lainnya. Bila membawa bekal ke kantor / sekolah atau saat piknik, gunakan kemasan yang bisa dipakai kembali bukan yang sekali pakai buang.
7.Kurangi polusi
Cobalah car pooling yaitu mencari teman searah pulang dan naik mobil secara bersama-sama. Atau gunakan transportasi publik, naik sepeda atau jalan kaki ketika jarak tempuh tidak terlalu jauh.
8.Bersih lingkungan
Ajak orang sekitar untuk aksi bersih lingkungan rumah, kantor atau sekolah. Setidaknya anggota keluarga Anda memaksimalkan penggunaan tempat sampah dengan tidak membuang sampah sembarangan.
9.Selamatkan satwa dilindungi / langka
Serahkan peliharaan satwa dilindungi atau koleksi organ tubuh satwa dilindungi yang Anda punya kepada yang berwajib dan jangan pernah membelinya lagi. Kunjungi kebun binatang dan pelajari info sebanyak-banyaknya mengenai satwa dilindungi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: